MSI Z68A-GD80 (B3)

Belum lama rasanya chipset P67 menemani para pengguna prosesor Intel Sandy Bridge, namun sekarang Intel sudah menyiapkan chipset terbarunya yaitu chipset Z68. Kedatangan chipset baru ini sangat kami tunggu-tunggu, namun belum ada vendor yang mengirimkan sample board Z68-nya.

Pagi ini, kedatangan kami di lab disambut dengan sebuah paket FedEx kecil di atas meja. Mata kami yang masih mengantuk langsung terbuka lebar saat melihat tulisan Z68 SAMPLE yang besar di paket tersebut. Akhirnya board Z68 tiba juga!! Tanpa pikir panjang kami langsung mencari cutter dan menyobek karton yang membungkus board Z68 tersebut. Tak lama kemudian, kami melihat tulisan MSI yang tertera di boksnya.

Ya, inilah board Z68 yang pertama kali datang ke lab JagatReview: MSI Z68A-GD80(B3). Mari kita lihat lebih dekat!

Kemasannya sepintas tidak jauh berbeda dengan kemasan board seri P67 dari MSI dengan warna putih/biru.

Set dokumentasi yang ada di dalam boxnya juga kurang lebih sama dengan yang biasanya ada: Driver DVD, Manual, dan QuickStart guide.

Perlengkapan ekstra yang tersedia cukup melimpah di board ini, dari 4x Kabel SATA, I/O Shield, SLI Bridge, sampai ke kabel V-Check point (untuk mengukur voltage melalui Digital Multimeter) dan USB3.0 Backpanel.

Sekarang, mari kita lihat penampakan fisik board-nya!

Sepintas lalu, bentuk fisik board ini mirip sekali dengan MSI P67A-GD80. Namun, bentuk I/O backpanelnya jelas berbeda karena ada port DVI dan HDMI yang digunakan untuk output VGA. Kami sempat menerima informasi bahwa ada juga vendor motherboard yang tidak menyertakan output video di board Z68-nya.

Melanjutkan ke komponen Voltage Regulator Module (VRM),  seperti biasa MSI menggunakan komponen “Military Class II”-nya, berupa kombinasi Driver MOSFET(DrMOS), Super Ferrite Choke(SFC), dan Hi-c CAP (tantalum cap). Untuk menjaga temperatur DrMOS-nya, MSI menggunakan Heatpipe.

(Topologi VRM dan komponen-komponennya akan kami ulas lebih detail di review lengkap board ini)

Di board ini, MSI menyediakan tiga buah PCI-E untuk solusi multi-GPU dan juga sebuah konektor power 6-pin PCIe untuk menyuplai daya ekstra ke PCIe di konfigurasi multi-GPU yang menyedot daya cukup banyak.

Di board ini ditemukan 7 (tujuh) buah port SATA. SATA 1-6 dikontrol oleh Intel Z68 PCH dan SATA7 dikontrol oleh chip Marvell 88SE9128. SATA 1,2, dan 7 merupakan port SATA yang mendukung kecepatan 6 Gbps.

Di balik heatsink ini, terdapat chipset Intel Z68 PCH.

Untuk mencegah sistem gagal booting yang disebabkan oleh BIOS Corrupt, MSI menyediakan dua buah chip BIOS.

Selain fitur-fitur umum yang biasa ditemui di kebanyakan board lain, MSI memberikan tambahan fitur yang berguna bagi overclocker/power-user di board ini.

1) V-Check Point


Bagi para overclocker, hardware monitoring yang baik sangat membantu. Maka dari itu, MSI memberikan V-Check point supaya user dapat membaca voltage secara real-time melalui bantuan Digital Multimeter.

2) On-board Button & OC Genie II

Bagi overclocker yang biasanya tidak menggunakan casing, tombol power dan reset yang tersedia di board ini berguna sekali. Selain itu, Clear CMOS button juga disediakan di I/O backpanel.

Bagi user yang tidak mau repot meng-overclock sistemnya, MSI memberikan Fitur OC-Genie II di board ini yang akan meng-overclock sistem secara otomatis dengan hanya menekan satu tombol saja.

Nah , sampailah kita di penghujung preview singkat board MSI Z68A-GD80 ini. Walaupun chipset Z68 ini memiliki banyak sekali kemiripan dengan board P67 (dan perbedaan utamanya hanya ada support untuk menggunakan integrated GPU di prosesor Sandy Bridge), namun setidaknya ada dua fitur baru di chipset ini yang menarik perhatian kami:

a) Lucid Virtu support: Mengoperasikan iGPU di Sandy bridge secara bersamaan dengan discrete GPU yang kegunaan utamanya adalah mengizinkan penggunaan fitur Intel Quick Sync Video di sistem yang menggunakan GPU add-on.

b) Intel Smart Response Technology: Jika ada user yang menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan, mereka bisa memilih SSD sebagai “cache HDD”, yang meningkatkan performa HDD secara signifikan.

Kami sendiri akan merilis hasil review lengkap board ini saat tanggal NDA sudah berakhir. Tunggu tanggal mainnya, hanya di Jagat Review!

 

source

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: